Manfaat Kacang Merah Untuk Tubuh , Sangat Direkomendasikan Untuk Ibu Hamil !

Manfaat Kacang Merah – Kacang merah menjadi salah satu bahan makanan yang sering kali kita temui sehari hari. Biasanya masyarakat Indonesai sering mencampu kacang merah dengan bahan lainnya untuk membuat makanan seperti sop , sayur atau hidangan penutup lainnya. Tak cuma lezat , namun kacang merah ternyata juga memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh kita. Sebut saja salah satunya yaitu dapat menurunkan berat badan.

Hal ini dikarenakan banyaknya kandungan baik di dalam kacang merah. Selain protein, kacang merah juga mengandung beragam nutrisi yang juga tak kalah penting, misalnya karbohidrat, lemak, serat, vitamin B, folat, serta mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, dan zat besi. Banyaknya https://www.palintefada.com kandungan baik yang terdapat pada kacang merah di atas , rasanya tidak ada alasan bagi kalian untuk makan kacang merah ya !

Hal yang perlu diperhatikan saat mengonsumsi kacang merah

Manfaat Kacang Merah

Kacang merah memang memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil. Meski begitu, ada beberapa hal yang tetap perlu diperhatikan saat mengonsumsinya. Pasalnya, kacang merah mengandung beberapa zat yang bisa menimbulkan beberapa efek samping bagi tubuh, seperti:

  • Protein beracun fitohaemaglutinin
  • Asam fitat yang dapat mengganggu penyerapan berbagai mineral
  • Penghambat alfa-amilase yang dapat menghambat penyerapan karbohidrat.

Namun, jika diolah dengan benar, risiko munculnya efek samping akibat zat tersebut akan sangat minimal. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan hal berikut ini untuk mendapatkan manfaat kacang merah untuk ibu hamil dan menghindari efek sampingnya:

  • Rendam kacang merah dalam air selama minimal 5 jam sebelum dimasak
  • Rebus pada suhu 212°F (100 °C) setidaknya selama 10 menit.
  • Jangan mengonsumsi kacang merah dalam kondisi mentah atau setengah matang. Pastikan kacang merah benar-benar matang dan kulitnya empuk sebelum dimakan.
  • Jangan mengonsumsinya terlalu berlebihan. Kebutuhan serat harian adalah sekitar 25-38 gram per hari.
  • Anda dapat mengonsumsi 1-2 mangkuk kacang merah per hari, 3-4 kali seminggu.

Manfaat Kacang Merah Untuk Tubuh Manusia

Manfaat Kacang Merah

Mencegah pertumbuhan sel kanker

Tak hanya menjaga kesehatan jantung, kacang merah juga dapat mencegah pertumbuhan sel kanker dan salah satunya adalah kanker usus besar. Manfaat ini berasal dari kandungan serat di dalamnya yang baik untuk kesehatan usus besar.

Selain serat, manfaat kacang merah untuk mencegah kanker juga berasal dari kandungan antioksidannya.

Mengendalikan nafsu makan

Karena kacang merah kaya kandungan protein, serat larut, dan karbohidrat kompleks, makan kacang merah bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Dengan begitu, Anda pun jadi tidak mudah tergoda untuk mencari camilan atau makanan lain.

Bagi Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan, manfaat kacang merah untuk lambung yang satu ini tentu sayang sekali untuk dilewatkan.

Mencegah Diabetes

Kabar baik bagi Anda yang berisiko atau punya penyakit diabetes. Ternyata, serat dalam manfaat kacang merah untuk diabetes membantu menjaga agar glukosa tidak dilepas dalam darah terlalu cepat. Hal yang sama juga berlaku untuk kandungan karbohidrat kompleks dalam kacang merah.

Berbeda dengan karbohidrat sederhana yang bisa larut dengan mudah, karbohidrat kompleks tidak akan menghasilkan glukosa dalam darah secepat karbohidrat sederhana. Dengan begitu, kadar gula dalam darah Anda tidak akan tiba-tiba melonjak sehingga memicu diabetes.

Kacang merah juga berkhasiat untuk mencegah resistensi insulin yang berisiko memperparah kadar gula darah pengidap diabetes.

Menghilangkan mual

Manfaat kacang merah untuk ibu hamil selanjutnya adalah mengurangi morning sickness atau mual muntah di pagi hari. Salah satu penyebab kondisi ini bisa terjadi adalah keberadaan asam empedu dan kacang merah bisa membantu mengikat asam tersebut sehingga rasa mual bisa berkurang.

Menurunkan Nyeri Otot

Kacang merah dapat membantu mencegah kondisi nyeri otot dan asma memburuk selama kehamilan. Ini berkat kandungan magnesium yang bermanfaat menjaga fungsi otot yang sehat. Magnesium juga dapat mengendurkan otot-otot di sekitar saluran bronkial yang dapat membantu penderita asma. Tentunya dengan catatan bahwa ibu hamil tidak memiliki alergi terhadap kacang merah.