Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Air Kelapa – Orang Indonesia pasti sudah terbiasa dengan sengat dan teriknya panas matahari di siang hari. Biasanya minuman segar menjadi jalan keluar untuk mengatasi permasalahan tersebut , salah satunya dengan minum air kelapa. Yap , air kelapa sudah menjadi pilihan utama untuk menghilangkan dahaga. Selain menyegarkan , air kelapa muda juga sangat mudah ditemui di setiap tempat.

Kandungan Air Kelapa

Manfaat Air Kelapa

Air kelapa adalah dari cairan bening yang disadap dari kelapa muda yang masih hijau. Berbeda dengan santan, air kelapa muda murni didapatkan dari buah kelapa muda dan mengandung beberapa nutrisi dan elektrolit sementara santan terbuat dari air dan daging di dalam kelapa tua. Lebih dari 95% kandungan kelapa adalah air.
Tidak hanya menyegarkan, lezat, sangat menghidrasi, dan menjadi alternatif minuman olahraga sehat yang sangat baik, air kelapa juga memberikan beberapa manfaat kesehatan. Air kelapa memiliki rasa manis dan pedas serta mengandung karbohidrat yang mudah dicerna dalam bentuk gula dan elektrolit. Air kelapa memiliki lebih sedikit kalori, lebih sedikit natrium, dan lebih banyak kalium daripada minuman olahraga. Rata-rata, air kelapa mengandung 5,45 kalori, 1,3 gram gula, 61 miligram kalium, dan 5,45 miligram natrium. Sebagai perbandingan, Gatorade memiliki 6,25 kalori, 1,75 gram gula, 3,75 miligram kalium, dan 13,75 miligram natrium.

Di dalam 1 cangkir atau sekitar 240 ml air kelapa murni, terkandung 46 kalori dan beragam nutrisi, seperti:

  • Karbohidrat
  • Serat
  • Protein
  • Vitamin C
  • Mineral, seperti magnesium, kalium, dan kalsium
  • Antioksidan

Melansir fakta gizi yang terdapat pada data Data Komposisi Pangan Indonesia, 100 gram (gr) air kelapa memiliki komposisi gizi sebagai berikut:

Energi: 17 Kalori (Kal)
Protein: 0.2 g
Lemak : 0.1 g
Karbohidrat: 3.8 g
Kalsium: 15 miligram (mg)
Fosfor: 8 mg
Besi: 0.2 mg
Natrium: 1 mg
Kalium: 149 mg

Manfaat Air Kelapa Untuk Tubuh

Adapun manfaat air kelapa muda untuk lambung untuk kesehatan tubuh adalah sebagai berikut :

Meningkatkan Stamina Tubuh

Manfaat Air Kelapa

Tak hanya memberikan efek menyegarkan, air kelapa juga dapat meningkatkan stamina tubuh. Hal ini berkat kandungan karbohidrat di dalam air kelapa yang dapat digunakan tubuh untuk menghasilkan energi, sehingga Anda pun bisa lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas.

Menjaga Dehidrasi

Air kelapa juga kerap digunakan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan mengatasi dehidrasi ringan. Meski demikian, Anda tetap dianjurkan untuk minum air putih setidaknya 8 gelas setiap harinya untuk mencegah dehidrasi.

Menjaga kesehatan jantung

Air kelapa tidak mengandung lemak dan kolesterol sehingga dapat membantu meningkatkan jumlah kolesterol baik dan menurunkan jumlah kolesterol jahat dan melindungi jantung. Mengonsumsi air kelapa bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan menurunkan risiko penyakit jantung. Air kelapa juga mengandung sifat anti-platelet dan anti-inflamasi, artinya, air kelapa mampu membantu mengurangi pembentukan plak dan meningkatkan sirkulasi darah.

Mencegah Batu Ginjal

Meskipun minum banyak air biasa bisa menjaga sistem ginjal tetap sehat, minum air kelapa merupakan alternatif yang lebih baik. Minum air kelapa akan membantu mencegah batu ginjal. Menurut sebuah penelitian dalam International Brazilian Journal of Urology, air kelapa mampu https://www.palintefada.com mengurangi pembentukan kristal dalam urin sehingga dapat mencegah batu ginjal.

Menurunkan tekanan darah

Manfaat air kelapa tua diduga baik untuk menurunkan dan mengontrol tekanan darah. Hal ini karena air kelapa memiliki kandungan kalium yang terbukti dapat menurunkan tekanan darah pada penderita darah tinggi.

Meski demikian, manfaat air kelapa muda untuk menurunkan tekanan darah ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Cara Mengonsumsi Air Kelapa yang Tepat

Untuk mendapatkan manfaat air kelapa bagi tubuh secara maksimal, sebaiknya Anda mengonsumsi air kelapa murni yang diperoleh langsung dari buah kelapa. Selain itu, Anda juga disarankan untuk tidak menambahkan gula atau pemanis buatan saat mengonsumsinya.

Jika Anda mengonsumsi air kelapa kemasan, pastikan kemasan tidak rusak dan perhatikan kembali kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Kebanyakan air kelapa kemasan sudah tidak lagi murni dan diberi perasa atau gula tambahan. Jika dikonsumsi secara berlebihan, tentu tidak baik bagi kesehatan.

Anda bisa menyimpan air kelapa kemasan di dalam kulkas agar tetap terjaga kesegarannya. Namun, bila sudah dibuka, segera habiskan air kelapa kemasan tersebut setidaknya dalam waktu 24 jam.