Indahnya Mebel Jepara untuk Melengkapi Berbagai Jenis Rumah

Indahnya Mebel Jepara untuk Melengkapi Berbagai Jenis Rumah

Kota Jepara begitu identik dengan kerajinan ukiran kayu yang berkualitas. Keindahan mebel Jepara telah banyak memikat masyarakat penggemar furnitur dan aksesoris kayu jati di dalam dan luar negeri. Di Indonesia sendiri, memiliki furnitur asli Jepara tampaknya menjadi suatu kebanggaan dan gengsi tersendiri. Sebenarnya, apa yang membuat mebel dari Jepara sangat istimewa dan dihargai tinggi? Tentu saja karena kualitas kayu jati yang sangat baik serta keunikan dan keindahannya. Setiap produk furnitur jati khas Jepara akan menambah nilai estetika di setiap ruangan di mana Anda menempatkannya.

Salah satu karya seni dari kayu jati yang memiliki nilai tinggi adalah gebyok. Gebyok jati ukir tidak hanya digunakan untuk dekorasi rumah joglo atau bernuansa Tengah tetapi juga untuk dekorasi pelaminan. Gebyok pelaminan khas Jepara memberi kesan eksklusif yang sangat kental dengan nuansa adat Jawa. Gebyok ini banyak dipakai untuk dekorasi pernikahan adat jawa tradisional maupun modern. Gebyok jati modern untuk dekorasi pelaminan biasanya dipoles dengan warna putih yang lebih berkesan modern. Selain itu, tambahan dekorasi yang khas biasanya adalah rangkaian bunga dan lampu-lampu hias. Sementara gebyok jati untuk dekorasi pernikahan bergaya tradisional lebih menonjolkan ciri khas asli dari ukiran Jepara dengan warna natural khas kayu jati dan motif ujung relung atau jumbai.

 

Tidak dapat dipungkiri, keindahan gebyok Jepara menciptakan nuansa klasik dan mewah untuk rumah hunian, resort, dan ruangan lainnya. Kualitas kayu jati tua yang berusia puluhan tahun dan keindahan ukiran serta detail yang sempurna membuat produk mebel ini dicari oleh para penggemar dan kolektor furnitur jati. Tidak heran harga gebyok asli Jepara per unitnya cukup mahal, bahkan bisa mencapai ratusan juta rupiah. Harga gebyok tergantung pada usia kayu jati dan kerumitan ukiran. Semakin tua kayu jati, harganya akan semakin mahal. Meskipun memiliki ciri khas, motif ukiran pada setiap gebyok khas Jepara cenderung mengikuti tren agar tidak monoton. Saat ini, motif minimalis lebih diminati untuk gebyok dan produk mebel lainnya.