3 Hal yang Menjadi Penyebab Diare Jangka Pendek

Ketika tubuh mengalami diare maka akan ditunjukkan dengan gejala kondisi feces yang lebih cair, bahkan sangat cair. Ditambah dengan adanya rasa sakit pada perut menuntut keinginan buang hajat yang lebih sering dari biasanya. Jika diare berlangsung lama dan cukup parah sampai membuat Anda menunggu pintu toilet maka baiknya jangan dianggap remeh sebab sudah mengganggu aktifitas harian. Penyakit satu ini bahkan bisa memicu kematian sehingga usahakan untuk segera dilakukan penanganan apa yang menjadi penyebab diare, karena jika berlangsung lama malah mengindikasikan tubuh punya suatu penyakit.

Kenali Penyebab Munculnya Diare

 

kenali penyebab diare

Tubuh manusia memiliki sistem yang kompleks yang berjalan unik, yakni saling beriringan dan ketika ada masalah di salah satu sistem maka akan mempengaruhi sistem lainnya. Diare yang dialami bisa mengganggu fungsi sistem tubuh diluar sistem pencernaan maka penting untuk segera ditangani. Sementara untuk penyebab dari diare sendiri antara lain:

  • Infeksi bakteri maupun virus adalah penyebab diare yang biasa terjadi

Khusus untuk diare yang berlangsung singkat maka lebih sering disebabkan oleh adanya infeksi virus maupun bakteri ke sistem pencernaan. Umumnya virus maupun bakteri ini menjangkiti makanan, minuman, ataupun tidak sengaja tertempel ke telapak tangan dan masuk ke dalam tubuh.

  • Alergi terhadap makanan Juga Bisa Menyebabkan Diare

Alergi pada beberapa maupun salah satu jenis makanan juga menjadi salah satu penyebab penyakit diare yang sering dijumpai. Alergi ini dipicu oleh kondisi pencernaan tubuh yang tidak mampu mencerna zat tertentu yang terkandung dalam makanan. Misalnya saja alergi terhadap laktosa sehingga anak-anak yang minum susu formula lebih mudah diare karena susu tersebut mengandung laktosa. Selain laktosa bisa pula alergi karena kandungan gula alami dalam makanan, misalnya saja pada madu.

  • Efek samping dari pengobatan yang dilakukan bisa menimbulkan diare

Diare juga bisa muncul sebagai akibat adanya pengobatan yang dilakukan entah dengan mengkonsumsi obat tertentu, kemoterapi, radioterapi, dan lain sebagainya. Sebuah fakta menunjukan obat tertentu bisa menimbulkan diare. Selain itu seseorang usai menjalani rontgen umumnya juga terserang diare akan tetapi tidak berjalan lama. Baiknya, cek metode pengobatan yang dilakukan sebelum diare menyerang jika memang minum obat atau menjalani pemeriksaan tertentu bisa jadi menjadi penyebab adanya diare tadi.

Kiat Menghindari Diare Sejak Dini

Kebanyakan orang yang mengalami diare jangka pendek disebabkan oleh perubahan pola makan secara mendadak. Misalnya tidak pernah makan makanan asam tiba-tiba makan rusak dari buah yang rasanya asam, dijamin akan terjadi diare. Sering pula disebabkan oleh sanitasi yang kurang sehingga tidak memperhatikan kebersihan badan, makanan, pakaian, dan lingkungan sekitar. Menjaga kebersihan menjadi kiat terbaik untuk menghindari penyakit diare sehingga selalu gunakan Lifebuoy untuk mandi, mencuci tangan, dan sebagainya. Sebab lewat tubuh yang bersih alhasil apapun penyebab diare tidak akan menjadi masalah.

Referensi Artikel: http://www.lifebuoy.co.id/article/detail/1174675/waspada-inilah-bakteri-bakteri-penyebab-diare