Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Anak yang Wajib Diketahui oleh Para Orang Tua

Jika ada yang bertanya, apakah ada manfaat puasa bagi kesehatan anak? Jawabannya pastinya ada. Baik anak maupun orang dewasa akan mendapatkan manfaat dari puasa tersebut jika dijalankan dengan cara yang baik dan benar. Anak-anak pada umumnya mengenal puasa ketika mereka melihat kedua orang tuanya melakukan puasa di bulan Ramadhan. Agar anak-anak kelak dapat menjalankan ibadah puasa tersebut, para orang tua akan melatih buah hati mereka untuk menjalankan ibadah puasa. Para orang tua tidak hanya memberikan pelatihan untuk berpuasa, tetapi juga memberikan pengertian mengenai manfaat dari puasa itu sendiri.

Anak-anak merupakan sosok yang tidak terlalu peduli dengan makanan yang mereka asup. Selagi makanan tersebut terasa nikmat di lidah mereka, mereka akan mengkonsumsi makanan tersebut tanpa mengetahui kandungan bahan berbahaya yang berada di dalam makanan tersebut. Jika makanan yang mengandung zat berbahaya tersebut termakan oleh anak, tubuh anak-anak akan terkontaminasi dengan racun. Racun tersebut dapat dikeluarkan dengan melakukan puasa. Manfaat puasa bagi kesehatan anak yang lain adalah dapat menjaga berat badan anak agar tetap ideal. Tubuh anak akan memiliki berat badan yang seharusnya akibat melakukan puasa secara teratur. Sistem daya tahan anak dapat terkontrol dengan baik merupakan manfaat puasa bagi kesehatan buah hati yang lain. Daya tahan anak dapat terkontrol dengan baik akibat jumlah limfosit yang bertambah ketika menjalankan puasa.

Tidak hanya itu, manfaat puasa bagi kesehatan anak yang lain adalah membantu tubuh untuk menyerap nutrisi makanan yang dikonsumsi oleh anak. Metabolisme tubuh anak dapat berjalan dengan jauh lebih baik ketika anak-anak sedang menjalankan puasa. Tubuh bahkan dapat menyerap nutrisi dengan jumlah yang besar akibat kegiatan puasa yang dijalankan oleh buah hati. Hal tersebut disebabkan oleh terbentuknya hormone adiponectin dengan jumlah yang besar ketika anak berpuasa. Lemak di dalam tubuh anak dapat dihilangkan dan terkontrol dengan baik akibat puasa tersebut. selama berpuasa lemak HDL akan meningkat dan jumlah lemak LDL akan berkurang. Hal tersebut juga dapat memicu kesehatan jantung agar lebih baik lagi.