Tips Mengatasi Penipuan Pembelian Tiket Pesawat Online

Membeli segala sesuatu secara online tentunya membutuhkan banyak ketelitian. Selain agar terhindar dari penipuan, produk yang kita terima pun akan lebih bagus apabila teliti dalam membeli.

Salah satu jenis penipuan online yang sekarang ini seringkali terjadi adalah penipuan pembelian tiket pesawat online. Banyak pihak yang memanfaatkan minat masyarakat untuk membeli tiket murah. Sehinggga para penipu mudah sekali dalam menjaring para korban.

Untuk itu pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan beberapa tips mengatasi penipuan pembelian tiket pesawat online. Untuk mengetahui seperti apa, silakan simak pembahasannya di bawah ini.

Mengatasi Penipuan Pembelian Tiket Pesawat Online

 Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk meminimalisir upaya penipuan dalam hal pembelian tiket pesawat secara online.

  1. Jangan Tergiur dengan Harga Tiket Murah

Banyak orang tergiur dengan harga tiket yang murah. Walau kadang hanya berbeda selisih 10 ribu saja, orang lebih memilih yang lebih murah. Hal ini perlu diwaspadai oleh anda.

Salah satu trik yang bisa dilakukan oleh penipu agar seseorang bisa ditipu adalah karena harga murah. Puluhan ribu orang bisa tertipu hanya karena harga yang murah meriah. Jadi perlu anda waspadai bila anda menemukan penjual baik agen atau supplier yang menjual tiket dengan harga di bawah harga normal.

  1. Pastiken Agen Memiliki Kejelasan

Memilih agen yang terpercaya sangat diperlukan. Saran saya gunakan layanan bisnis travel agent yang sudah terkenal seperti traveloka, Mister Aladin, dan sebagainya. Jika terpaksa menggunakan agen, pastikan mereka memiliki kejelasan baik tempat, cara kerja mereka, hingga status hukum yang mereka miliki.

Biasanya agen yang jujur mau didatangi tempatnya walau mereka hanya menggunakan sistem online. Sedangkan penipu tidak mau melakukannya.

  1. Menggunakan Metode Pembayaran Bank

Mungkin anda tidak mengenal orang tersebut, tapi setidaknya jika orang itu terbukti melakukan penipuan, maka rekening mereka bisa dibekukan dan dilacak siapa pemilik sebenarnya. Maka dari itu, anda harus hati-hati terhadap mereka yang menginginkan melakukan pembelian dengan berbagai sistem pembayaran yang sulit dilacak. Misalnya paypal, webmoney, bitcoin, apalagi pulsa.

Untuk masalah rekening bersama atau escrow bukanlah jaminan mereka jujur atau tidak. Karena jika anda minta para agen yang sudah terkenal dan terpercaya untuk melakukan sistem rekber, maka dipastikan mereka tidak mau. Jadi jangan menjudge dulu jika agen tidak mau rekber adalah penipu.

  1. Pahami Cara Melakukan Kontak

Berdasarkan penelitian, para penipu seringkali menggunakan layanan SMS, Whatsapp, dan akun sosial media untuk melakukan penipuan. Jarang ada yang menggunakan website resmi ataupun menggunakan layanan telepon rumah.

Selain itu, email pun seringkali digunakan untuk melakukan sistem penipuan. Tapi karena sistem email sekarang sudah canggih, email yang berisi penipuan bisa dipastikan masuk ke spam.

Dengan memahami baik-baik tentang cara mengatasi penipuan pembelian tiket pesawat online di atas, maka anda bisa terhindar dari risiko tertipu. Yang penting selalu waspada. Jangan terlalu mudah tertarik dengan bujukan dan promosi seseorang.