Mengenal Joomla dan Cara Kerjanya

Istilah Joomla mulai banyak dikenal saat internet memasuki era baru yang ditandai dengan meningkatnya aktivitas penggunaan internet. Bagi orang awam istilah Joomla tentu merupakan istilah yang asing. Namun bagi pengguna internet aktif terutama yang tidak pernah lepas dari kegiatan pembuatan web atau yang berkaitan dengan web, istilah Joomla adalah istilah sehari-hari yang sudah lama sekali ada. Bahkan karena cara kerjanya yang sangat mudah dan juga sederhana, Joomla menjadi pilihan banyak pembuat web.

Pengertian Joomla

Pada dasarnya Joomla merupakan Sistem Manajemen Konten (SMK) atau Content Management System (CMS) yang keberadaannya dibangun dengan bahasa pemrograman PHP. Asal usul kata Joomla sendiri sebenarnya berasal dari salah satu suku kata bahasa Swahili yakni jumla. Berdasarkan arti yang diperoleh dari bahasa Swahili, jumla memiliki arti kebersamaan. Sebelum menjadi Joomla seperti yang sekarang ada, dulunya Joomla adalah mambo.

Sebagai cikal bakal lahirnya Joomla, mambo juga merupakan CMS yang keberadaannya telah membantu banyak pengelola sekaligus pembuat website. Biasanya kerja mambo ini sama dengan yang telah dilakukan CMS yakni membantu mengelola dan juga membuat website dari pembuatan website yang paling sederhana hingga sampai pada aplikasi website yang sangat rumit. Dulunya mambo telah memiliki kapasitas yang cukup tinggi, mudah dipasang juga dikelola bahkan beberapa fitur yang dimilikinya sangat powerfull.

Kemampuan Joomla

Berbeda dengan CMS Mambo, Joomla memiliki  kemampuan untuk membuka dan juga membuat aplikasi web yang sangat beragam bentuknya. CMS Joomla hosting murah  akan memastikan bahwa aplikasi web yang dibuatnya adalah dari aplikasi paling sederhana sampai dengan aplikasi web yang lebih dinamis. Beberapa kemampuan yang dimiliki Joomla antara lain:

  • Menggunakan Joomla, pengguna internet mengatakan bahwa perbaruan halaman utama, artikel hingga arsip dapat dilakukan dengan cara sepat juga mudah.
  • Joomla sekarang dapat membaca file doc, Excel dan PDF.
  • Joomla juga dapat mengatur FAQ hingga pengunjung web akan mendapatkan penjelasan mengenai seputar web yang dibuat.
  • Mengatur letak sekaligus ukuran banner iklan web.
  • Mengatur weblink dengan cara yang sangat mudah dan juga cepat.
  • Dapat menambah menu baru pada menu yang telah disediakan dengan cara membuat menu baru pada main menu.
  • Dapat digunakan untuk keperluan mencetak, mengirim email hingga membaca artikel format PDF
  • Menambah beberapa komponen juga modul sekaligus template seperti kalender, buku tamu dan juga shopping cart.

Cara Kerja Joomla

Pembuat web tentunya memahami betul cara kerja Joomla yang menggunakan 3 elemen dasar yakni web server, skrip PHP dan juga database yang menggunakan MySQL. Jika web server dihubungkan dengan jaringan secara online atau offline, maka web server memiliki fungsi sebagai penyedia layanan website. Sementara skrip PHP hanya berisi kode yang seringkali digunakan pada bahasa pemrograman PHP. Sementara database akan berfungsi untuk menyimpan informasi yang dijadikan bentuk konten.

Sementara cara kerja CMS Joomla sendiri adalah pada saat user atau lebih dikenal sebagai pengguna akan melakukan permintaan atau request akan halaman Joomla hosting. Request ini dilakukan dengan cara melakukan eksekusi pada alamat URL. Eksekusi yang dilakukan pada URL ini biasanya akan berupa parameter konten yang bisa berupa section, category hingga id article pada sebuah browser yang telah dihubungkan pada web server. Cara kerja ini berarti saat CMS Joomla melakukan komunikasi atau hubungan dengan database, dimana database akan mengambil konten yang telah diminta sebelumnya berdasarkan dari parameter yang telah diberikan pengguna.