Mengenal Bentuk Dasar Desain Rumah Bali

Banyak jenis desain rumah modern yang bisa kita jadikan referensi. Mulai dari desain rumah klasik, minimalis, modern, desain rumah Jawa, dan juga desain rumah Bali. Untuk rumah yang bergaya Bali ini, kita akan berpedoman pada rumah-rumah orang Bali yang sangat kental dengan budayanya. Oleh karena itu penting untuk menggunakan jasa kontraktor rumah untuk membangun rumah anda.

Beberapa desain rumah Bali akan mengedepankan keasrian rumah yang sangat alami. Karena kebanyakan rumah Bali ini akan dibangun seperti padepokan, sehingga akan sangat unik dan etnis Balinya terasa.

Bukan tidak mungkin untuk kita agar memiliki desain rumah Bali. Karena sekarang kita bisa menggunakan jasa kontraktor pembangunan rumah. Kita akan dibantu untuk mendesain rumah Bali yang kita inginkan. Secara umum, desain rumah Bali akan terdiri dari beberapa bentuk dasar berikut.

  1. Ventilasi pada rumah Bali harus dibangun dengan baik. Ventilasi udara ini di dapat dari adanya jendela rumah. Sehingga jika ingin memiliki rumah yang bergaya desain Bali, kita harus membangun jendela dengan sebaik mungkin agar udara bisa keluar masuk dengan baik.
  2. Bangunan rumah berdesain rumah Bali dibangun dengan kokoh. Bentuk dasar ini mengacu pada salah satu filosofi orang Bali, yaitu Triloka. Filosofi ini menyatakan bahwa rumah diibaratkan seperti tubuh manusia. Untuk menjalani hidup, tubuh manusia harus kuat. Fondasi rumah diibaratkan sebagai kaki manusia yang akan menopang tubuh.
  3. Sebuah rumah berdesain Bali akan memiliki halaman yang besar dan luas. Bentuk ini menjadi salah satu bentuk yang harus diterapkan, karena prinsip orang Bali yang juga berusaha untuk lebih dekat dengan alam.
  4. Rumah berdesain Bali memiliki tembok penjaga. Kita bisa memfungsikannya sebagai gerbang atau pagar rumah. Keberadaan tembok penjaga ini adalah untuk melindungi privasi si pemilik rumah. Dengan menggunakan pagar kembar dengan ujung atas yang lancip di kanan kiri, maka akan membuat penampilan rumah kita menjadi lebih indah.

Bentuk dasar dari desain rumah Bali ini adalah ciri khas rumah Bali yang harus diterapkan. Karena dengan ciri khas ini, penampilan rumah yang akan kita bangun akan sangat mirip dengan rumah orang Bali yang natural.