Beberapa Contoh Alat Kesehatan Yang Ada di Ruang Operasi

Rumah Sakit sebagai tempat pelayanan kesehatan memiliki berbagai macam ruang. Hal ini sebagai upaya terfokusnya macam – macam penanganan penyakit pada pasien. Salah satu ruangan yang ada di Rumah Sakit adalah Ruang Operasi. Memang, ruangan ini tidak kita temukan di rumah sakit dengan skala kecil di daerah.

alat kesehatan yang ada di ruang operasi

Namun demikian, hendaknya ruangan ini ada di setiap rumah sakit untuk penanganan kasus – kasus tertentu. Di dalam ruang operasi tentu saja ada berbagai macam alat medis. Dan pada kesempatan ini saya ingin berbagi informasi mengenai alat kesehatan yang ada di ruang operasi. Berikut ini, 3 contoh alat kesehatan yang berada di ruang operasi rumah sakit atau klinik.

1. Lampu Operasi

Lampu Operasi merupakan sebuah lampu yang didesain khusus dengan yang berkualitas sehingga menghasilkan cahaya yang terang namun tidak silau di mata. Lampu Operasi ini biasanya dipasang di atas tepat di bawah meja operasi. Dipasang secara celling pada plafon. Sehingga posisi lampu bisa digerakan sesuai dengan kebutuhan.

Harga Lampu operasi ini tidaklah murah. Anda bisa cek sendiri di toko alat kesehatan yang jual lampu kamar opersai di dekat tempat anda tinggal. Harga lampu ini bisa mencapai ratusan juta rupiah. Benar – benar luar biasa.

2. Meja Operasi

Satu set dengan lampu operasi, meja operasi ini juga merupakan satu alat kesehatan yang ada di ruang operasi yang memiliki peranan penting. Alat ini digunakan untuk meletakkan pasien saat proses operasi dilakukan. Meja ini memiliki desain khusus, dimana ketinggian meja, kemiringan dan posisi lainnya bisa diatur sesuai dengan kebutuhannya. Meja operasi terletak tepat di bawah lampu operasi untuk memudahkan penerangan.

3. Electro Surgery 

Operasi sangat identik dengan pembedahan. Electro Surgery merupakan alat yang digunakan untuk melakukan pembedahan. Alat ini berfungsi sebagai pisau yang bertugas untuk membuat sayatan atau potongan dengan menggunakan tenaga listrik. Keunggulan alat ini adalah tidak mengeluarkan banyak darah saat proses pembedahan dilakukan.

Tentunya masih ada banyak alat lainnya yang belum kita sebutkan di sini. Semoga 3 contoh alat kesehatan yang ada di ruang operasi yang sudah kita bahas bisa bermanfaat untuk anda sekalian. Untuk anda yang membutuhkan informasi harga alat – alat medis untuk ruang operasi bisa kunjungi www.alkes.me, Sekian & terimakasih.