Persamaan dan Perbedaan Beasiswa Magister dan Doktor dengan Beasiswa Afirmasi

Pemerintah melalui kementrian keuangan telah memberikan dana bantuan Pendidikan yang besar kepada mahasiswa yang menyelesaikan Pendidikan di jenjang S2 serta S3. Bantuan tersebut diberikan dan dikelola oleh suatu lembaga yang dibentuk oleh Kementrian Keuangan, bersama dengan kementrian Pendidikan dan kebudayaan, kementrian agama, serta kementrian riset teknologi dan Pendidikan tinggi. Di tahun 2017 ini, LPDP juga memberikan bantuan dana kuliah 2017. Dalam pelaksanaannya beasiswa yang dikategorikan sebagai beasiswa dalam negeri sekaligus beasiswa luar negeri ini terbagi menjadi 5 program, yaitu :

  • Program tesis dan desertasi
  • Program kedokteran spesialis
  • Presidential scholarship
  • Program magister dan doktor
  • Program afirmasi

Program tesis dan desertasi diberikan kepada mahasiswa S2 atau S3 yang sedang dalam penyelesain penelitian tesis maupun desertasi. Program kedokteran spesialis diberikan kepada mahasiswa yang telah lulus kedokteran dan ingin melanjutkan kuliah di bidang spesialis. Adapun program magister dan doktor serta program afirmasi diberikan bagi mahasiswa yang akan mengenyam Pendidikan S2 dan S3 di tahun depan.

Persamaan beasiswa LPDP program magister dan doktor serta program afirmasi ialah sama sama diberikan dari awal mahasiswa masuk kuliah S2 ataupun S3 hingga penerima beasiswa lulus sesuai batas waktu yang ditentukan. Selain itu, persamaan lainnya ada pada fasilitas yang diberikan oleh pihak panitia. untuk perbedaannya terdapat pada sasaran dan tujuan kedua program tersebut diberikan. Beasiswa lpdp program magister dan doktor diberikan kepada mahasiswa S2 atau S3 yang berasal dari seluruh lapisan masyarakat Warga Negara Indonesia. Lain halnya dengan beasiswa afirmasi. Beasiswa afirmasi diberikan dan ditujukan bagi alumni penerima bidik misi di jenjang strata 1 (Sarjana), serta ditujukan pula bagi masyarakat yang tinggal di daerah terpencil serta perbatasan Indonesia. Dengan adanya beasiswa afirmasi, diharapkan Pendidikan dapat tersebar merata ke seluruh penjuru bangsa.