Melihat Kerbau Dalam Budaya Toraja

Liburan panjang akan segera datang, bagi kalian para pelancong yang bingung untuk menentukan destinasi tempat liburan. Kalian harus bisa mencoba wisata yang cukup unik di Sulawesi. Lebih tepatnya di Toraja. Yap tempat wisata yang berada di Sulawesi Selatan ini sudah cukup terkenal dikalangan pelancong Indonesia. Kalian dapat datang untuk melihat bagaimana adat dan budaya yang bisa dikatakan unik www.ExploreToraja.com. Tempat wisata ini berjarak 350 km dari kota Makasar. Jika kalian ingin menuju kesana kalian bisamenggunakan penerbangan domestik atau menggunakan kendaraan darat. Jika menggunakan penerbangan domestik kalian akan membutuhkan waktu sekitar 45 menit. Namun jika kalian menggunakan kendaraan darat kalian akan menempuh perjalanan sekitar 7 jam. Dengan jarak yang cukup panjang ini kalian tidak akan rugi untuk menjadikan tempat ini sebagai destinasi yang akan dituju untuk mengisi liburan. Salah satu yang bisa didatangi para pelancong adalah melihat budaya adu kerbau atau Mapasilaga Tedong. Adu kerbau ini di lakukan seiringan dengan upacara Rambu Solo atau upacara pemakaman khas adat Toraja. Karena kerbau dalam budaya Toraja sangat disakralkan. Kerbau adalah labang dari strata sosial orang yang sudah meninggal. Oleh karena itu pemakaman mengharuskan adanya kerbau untuk wujud persembahan.

Dalam adat Toraja kerbau adalah simbol dari kekuatan setiap masyarakat Toraja. Seperti halnya pemasangan tanduk kerbau pada rumah adat. Semakin banyak tanduk kerbau maka akan semakin tinggi derajat pemiliki rumah. Kerbau dalam budaya Toraja sangat melekat dalam upacara pemakaman. Ada beberapa jenis kerbau yang digunakan untuk upacara pemakaman.

• Kerbau bule atau albino – kerba yang memiliki warna putih.
• Kerbau salepo – kerbau yang memiliki bercak hitam dipunggung.
• Kerbau lontong boke – kerbau yang memiliki corak hitam dipunggung. Dan merupakan kerba termahal dari semua jenis kerbau di Toraja.

Dengan melihat upacara pemakaman yang sangat kental dengan tradisi khas Toraja, para wisatawan dapat mengetahui seberapa penting kerbau dalam budaya Toraja. Saking pentingnya, kerbau Toraja dapat mencapai angka ratusan juta untuk satu ekor kerbau. Dengan kata lain, upacara pemakaman akan membutuhkan dana yang sangat besar. Upacara dimulai dari pemakaman di tebing yang sudah disediakan. Setelah acara pengarakan jenazah usai, rombongan akan kembali ke area pertunjukan kesenian. Setalah itu akan diadakan adu kerbau. Hal ini akan semakin menarik untuk para wisatawan yang datang. Kalian bisa mengabadikan momen yang langka dan besar di Tanah Toraja.

Setalah adau kerba selesai, hal ini akan menjadi penting bagi kerbau dalam budaya Toraja. Secara masal kerbau akan disembelih dengan pedang yang sudah ditentukan. Orang yang melakukanpun sudah dipilih dan tidak sembarangan. Maka hal ini akan menjadi menarik jika kalian datang ke Toraja dengan upacara yang sangat megah ini.