4 Cara-Cara Belajar Paling Efektif Untuk Diamalkan Dalam Waktu 24 Jam

cara belajar yang berkesan

Bagian 1: Mempersiapkan Pembelajaran

Sebelum Anda belajar atau mengulas, sebaiknya Anda tahu bagaimana “mempersiapkan diri untuk belajar”. Inilah caranya.

1. Atur Waktu

Waktu sangat penting dalam pembelajaran yang efektif, jadi Anda perlu mengelolanya dengan baik. Anda perlu membuat jadwal harian dan menyediakan beberapa jam sesuai kemampuan Anda untuk belajar dan mempelajari pelajaran. Dengan demikian, ini bisa memberi Anda lebih banyak hasil dalam ujian.

Jumlah jam yang diatur bisa berbeda sesuai dengan tingkat pembelajaran yang saat ini Anda ikuti (sekolah atau perguruan tinggi) dan bidang studi (sains atau sastra). Pastikan Anda mengatur waktu tepat pada waktunya dan itu masuk akal, sehingga Anda bisa mengikuti rencana Anda dengan baik.

Anda perlu meng-upgrade kegiatan sekolah, kelas, pelatihan dan co-kurikulum. Jika Anda berada dalam masalah di kelas, Anda harus mempertimbangkan pekerjaan paruh waktu atau kegiatan ko-kurikuler. Dalam situasi ini, Anda perlu memprioritaskan kelas belajar terlebih dahulu dan menjeda komitmen lain, sampai hasilnya meningkat.

Bagi mahasiswa atau mahasiswa, Anda perlu mengalokasikan waktu untuk meninjau topik tergantung pada tingkat kesulitan dan jam kredit suatu subjek. Misalnya, Anda memiliki mata pelajaran fisika 3 jam kredit, Anda perlu belajar 9 jam seminggu (3 jam x 3 tingkat sangat sulit).

Atau contoh lainnya: subjek sastra yang agak sulit, Anda dapat mengalokasikan 6 jam seminggu untuk subjek (3 jam x 2 tingkat cukup sulit).

Namun, saran di atas hanyalah saran, Anda bisa mengubah saran di atas sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Yang pasti, Anda perlu menguasai subjek, dan mengerti apa yang penting bagi kehidupan Anda.

2. Sesuaikan dengan Kemampuan Anda

Dapatkan ketepatan belajar yang sesuai dengan Anda dan sesuaikan dengan jadwal Anda. Beberapa kelas atau subjek Anda dapat menangkap dengan baik, dan beberapa tidak. Karena itu cobalah menyesuaikan diri dan berikan penekanan pada area yang kurang.

Dan jika Anda agak lamban untuk memahami sesuatu, Anda perlu mencurahkan lebih banyak waktu untuk belajar.

3. Cukup tidur

Pastikan jadwal Anda memiliki waktu untuk tidur dan istirahat. Cukup tidur (6-7 jam semalam) setiap malam bisa berdampak luar biasa pada performa belajar Anda.

Hal ini sangat penting jika Anda perlu melakukan tes keesokan harinya. Pastikan Anda tidur di malam hari satu hari sebelum ujian, hindari berlatih tidak tidur sebelum ujian. Dan jangan belajar menit terakhir!

Satu studi telah menunjukkan bahwa orang yang cukup tidur memiliki kinerja yang jauh lebih baik daripada orang yang tidak / kurang tidur dalam hal berpikir dan berpikir.

Namun, jika Anda tidak sempat belajar karena alasan lain, Anda bisa tidur siang di malam hari selama beberapa menit (15-30 menit) sebelum memulai survei. Kunci jam sebelum tidur agar tidak menjadi tidak efektif, atau mintalah teman kejutan Anda.

Setelah beberapa saat, lakukan gerakan fisik sebelum mulai belajar. Mendapatkan kopi juga bisa membantu kebanyakan orang.

4. Kosongkan Pikiran dari Hal yang Tidak Relevan

Jika Anda memiliki banyak komitmen saat menjadi siswa atau siswa, Anda mungkin harus banyak memikirkannya. Hal ini dapat mengganggu fokus Anda saat belajar.

Karena itu, sebaiknya hilangkan interferensi sebelum memulai revisi. Cobalah untuk menyelesaikan pekerjaan Anda atau komitmen yang mungkin mengganggu Anda sebelum Anda meninjau.

Tidak, Anda bisa melakukan sesuatu yang bisa mengalihkan perhatian Anda dari komitmen lain. Anda bisa berolahraga atau berolahraga di sore hari dan kemudian belajar di sore hari.

5. Hindari gangguan teknologi

Perangkat elektronik seperti smartphone dan laptop serta jalur internet merupakan gangguan utama bagi siswa. Mengapa tidak, karena memberi Anda kebebasan untuk terhubung dengan teman dan menonton video kucing lucu tanpa henti.

Jujur saja, kebanyakan kita sangat mudah terganggu oleh media sosial seperti Facebook, Twitter, Whatsapp, Youtube atau media lainnya. Anda dapat memblokir atau memblokir komputer Anda mengakses situs web tersebut untuk sementara waktu.

Gunakan waktu untuk belajar dengan sepenuh hati, dan sekali selesai, Anda bisa terhubung bersosialisasi – tidak masalah.

Jika itu tidak berhasil, Anda bisa mendapatkan bantuan dari anggota keluarga atau teman untuk memegang perangkat elektronik Anda (komputer, ponsel) segera setelah Anda mempelajari pelajarannya.

Buat orang tua yang ingin akses ke keputusan anak-anak, boleh lawati SAPS atau boleh juga ke sini, SAPS ibubapa.