Cara Mengatasi Rasa iri Pada teman Kerja

Pernahkan Anda merasa iri akan prestasi atau hal tertentu yang dimiliki rekan kerja? Jikaya, itu merupakan hal yang biasa dan mungkin dialami oleh setiap karyawan.

Namun, rasa iri tersebut jangan sampai membuat Anda bertindak negatif, seperti membenci rekan tersebut dan lain sebagainya.

Kenapa? Karena Anda akan merasa tidak nyaman dalam bekerja atau bahkan bisa terdemotivasi. Supaya rasa iri Anda tak berdampak negatif untuk diri Anda, berikut beberapa cara mengatasinya.

1. Tingkatkan pembelajaran
Cara selanjutnya yaitu dengan meningkatkan pembelajaran terhadap aspek soft skills serta hard skills Anda.

Softskills yaitu hal-hal yang berkaitan dengan EQ seperti optimisme, paradigma, kebiasaan, sopan santun, manajemen emosi serta perilaku dalam pekerjaan Anda.

Sedangkan hard skill menyangkut keterampilan teknis yang berkaitan dengan pekerjaan Anda.

Dengan meningkatkan pembelajaran, tentunya Anda akan mempunyai keterampilan yang baru serta menjadikan Anda merasa iri pada rekan kerja.

Untuk informasi Lowongan kerja sekitar kota Bertuah, silahkan klik info lowongan kerja Pekanbaru

2. Beri ucapan selamat pada prestasi rekan kerja
Cara pertama yaitu dengan memberi ucapan selamat pada teman dengan tulus atas prestasinya. Apa pun itu, ucapan selamat Anda juga bisa mencairkan suasana kompetitif diantara Anda berdua.

Anda juga bisa memberi effort positif sehingga pertemanan kalian akan makin erat.

Di sisi lain, jika Anda membenci prestasi yang diraih oleh teman Anda karena merasa takut tersaingi, maka Anda akan dipenuhi rasa negatif sehingga suasana hati dan pikiran Anda juga akan jadi negatif.

Seperti marah, sedih, kecewa, tak percaya diri, rendah diri, atau sensitif.

3. Fokus pada kemampuan diri sendiri
Cara kedua yaitu dengan berfokus pada kemampuan Anda sendiri. Dengan itu, maka Anda bisa mencurahkan waktu dan energi Anda guna menyelesaikan segala tugas, tak hanya memikirkan prestasi orang lain saja.

Ingat, tiap orang yang mendapatkan prestasi itu karena dia memiliki kemampuan dalam bekerja. Oleh karena itu, jika Anda fokus pada kemampuan Anda, Anda juga dapat berprestasi seperti rekan kerja Anda tersebut.

Sumber: www.tunakarya.com